Wacana Bus untuk Transportasi Tandang, Persib Siap Antisipasi

By Abdi Satria


nusakini.com-Bandung-Saat kompetisi Liga 1 2020 kembali dilanjutkan pada Oktober mendatang, masalah transportasi menjadi hal yang harus dipikirkan setiap klub peserta. Selama masa pandemi, kompetisi akan berlangsung di Pulau Jawa dan setiap tim peserta kemungkinan besar akan bepergian menggunakan bus untuk laga tandang.

Selain alasan keamanan, hal tersebut dimaksudkan agar setiap tim tidak terlalu bersinggungan dengan publik. Risiko penularan akan lebih besar jika menggunakan pesawat atau angkutan umum lainnya. 

Menanggapi wacana penggunaan bus untuk transportasi laga tandang, pelatih fisik Persib Bandung, Yaya Sunarya mengatakan telah membicarakannya dengan tim pelatih . 

"Ini masih dalam tahap evaluasi buat kita. Memang kalau secara resmi belum ada, tapi ini menjadi bahan bagi kita untuk mempersiapkan sedini mungkin jika memang nantinya akan seperti itu," ujar Yaya di situs klub.

Yaya pun tak menampik jika nantinya setiap tim akan merasakan kelelahan karena menempuh perjalanan setidaknya lebih dari 10 jam dalam setiap tandang.  

"Maka dari itu, jika memang rencana naik bus ini dijalankan, saya berharap bisa disediakan bus yang sangat nyaman. Pemain-pemain bisa selonjoran, satu bangku satu pemain, AC tidak bermasalah, ada televisi dan toilet yang bersih." 

"Nantinya masseur, fisioterapis dan dokter tim akan melakukan pekerjaanya selama dalam perjalanan dengan bus agar membuat pemain tetap nyaman," tukasnya.(p/ab)